Follow usĀ @ongisnadeNet

Kurnia Meiga, Kiper Terbaik di Indonesia



Pelatih kiper Arema Cronus Alan Haviludin, punya kriteria khusus dalam menilai kemampuan penjaga gawang. Ia menyebut bahwa kiper hebat dan mahal, itu selalu pandai dalam distribusi bola.

"Semua kiper itu bisa jumping atau lompat dan refleks tangkap bola. Tapi, tidak semuanya pandai dalam distribusi. Kiper yang mahal, itu selalu jago distribusi bola. Dia bisa menilai dengan baik kemana harus memberikan bola," terang Alan seperti dikutip dari Malang Post.

Mantan pelatih kiper Persipura ini mengungkapkan distribusi yang akurat bakal berbuah peluang untuk tim, bahkan bisa terkonversi menjadi gol.

"Kalau jago distribusi, dia bisa membantu strategi penyerangan tim. Lemparan atau tendangan yang akurat, bakal memudahkan pemain tim untuk menyerang pertahanan lawan dengan cepat. Kualitas distribusi yang bikin kiper mahal," tandas Alan.

Saat disinggung siapa kiper nasional yang punya distribusi bagus, Alan langsung menjawab tegas bahwa Kurnia Meiga Hermansyah adalah kiper dengan kemampuan distribusi yang bagus.

"Untuk kiper Indonesia era modern, sepertinya Kurnia Meiga masih yang terbaik dalam hal distribusi bola, dia bisa membaca kemana dan kepada siapa harus mengirim bola," pungkas Alan. (mia/adi)